Friday, October 29, 2010

Tugas 4 : Pengantar Teknologi Informasi

A. Pendahuluan

1. Pengertian Perangkat Lunak

Pengertian Software komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah

2. Jenis-jenis perangkat lunak

Sistem Operasi
Untuk mengendalikan Program Kerja Komputer secara mendasar
Seperti :Mengatur Media Input, Proses, Output, Mengatur Memory, Penjadwalan Proses
Perangkat Lunak Bahasa
Program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa mesin agar dapat diterima dan dimengerti oleh komputer
Program Aplikasi (Aplication Program)
Merupakan suatu program paket yang telah dirancang dan dibuat khusus untuk kebutuhan tertentu.Word Processing (Pengolah Kata), Program Database, Program Spreadsheet, Program CAD (Computer Aided Design), Program Layout Artikel (Publisher)

3. Perangkat Lunak berbayar dan bebas

Perangkat Lunak bebas
Perangkat lunak bebas (free software) adalah istilah yang diciptakan oleh Richard Stallman dan Free Software Foundation yang mengacu kepada perangkat lunak yang bebas untuk digunakan, dipelajari dan diubah serta dapat disalin dengan atau tanpa modifikasi, atau dengan beberapa keharusan untuk memastikan bahwa kebebasan yang sama tetap dapat dinikmati oleh pengguna-pengguna berikutnya. Bebas di sini juga berarti dalam menggunakan, mempelajari, mengubah, menyalin atau menjual sebuah perangkat lunak, seseorang tidak perlu meminta izin dari siapa pun.

B. Pembahasan

1. Nama Software

Macromedia

2. Perusahaan Pembuat

Macromedia adalah sebuah perusahaan perangkat lunak yang bergerak di bidang grafis dan pengembangan web. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1992 dan telah berkembang pesat pada tahun 1990-an dan 2000-an. Pada Desember 2005 Macromedia diakuisisi salah satu perusahaan saingannya, Adobe Systems, tetapi Adobe sementara ini masih tetap menggunakan nama Macromedia pada sejumlah programnya.

Macromedia didirikan pada tahun 1992 melalui merger antara Authorware Inc. (perusahaan pembuat Authorware) dan MacroMind-Paracomp (perusahaan pembuat Macromind Director). Hingga pertengahan 1990-an, Macromedia Director yang digunakan untuk memproduksi CD-ROM dan kios-kios informasi masih merupakan produk unggulan Macromedia, namun seiring meningkatnya popularitas World Wide Web Macromedia menciptakan Shockwave, sebuah plugin Director bagi penjelajah web serta pada tahun 1996 mengakuisisi dua perusahaan berorientasi web, FutureWave Software (yang membuat FutureSplash Animator - yang kemudian berkembang menjadi Flash) dan iBand Software (pembuat perangkat lunak authoring HTML - yang digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan Dreamweaver).


3. Jenis-jenis penggunaan

Sistem Operasi
Microsoft Windows
Bahasa pemrograman
Bahasa tingkat tinggi
Aplikasi
* Macromedia Director
* Macromedia Dreamweaver (membuat situs web)
* Macromedia Fireworks
* Macromedia Flash (membuat animasi dan aplikasi web)
* Macromedia Freehand (membuat gambar vektor)
* Macromedia Studio
* Macromedia Contribute
* Macromedia Homesite
* Macromedia Breeze
* Macromedia FlashPaper
* Macromedia ColdFusion
* Macromedia Contribute Publishing Server
* Macromedia Flash Media Server
* Macromedia JRun
* Macromedia Authorware
* Macromedia RoboHelp
* Macromedia RoboInfo
* Macromedia FlashCast
* Macromedia Flash Lite (untuk perangkat komunikasi bergerak)
* Macromedia Flash Player for Pocket PC (untuk PDA)
* Macromedia Flash Player SDK

4. Lisensi

Berbayar

5. Kemampuan

Macromedia adalah perangkat lunak pilihan untuk membuat grafik yang akan ditampilkan dihalaman web atau untuk membuat presentasi. Banyak sekali keunggulan sofware ini dibanding yang lainnya. Pembuatan grafik pada macromedia terdiri atas dua tipe grafik yaitu grafik Vektor dan image bitmap. Macromedia memberikan tool-tool yang dikelompokkan sesuai fungsinya. Hal ini sangat memudahkan pengguna dalam mengedit grafik.

6. Contoh penggunaan

* Software ini sering digunakan untuk mendesain halaman web dengan menerapkan grafik dan animasi lainnya
* Pembuatan presentasi
* Pebuatan animasi

7. Kesimpulan

* Macromedia digunakan untuk membuat halaman web dengan tampilan animasi
* Macromedia digunakan untuk membuat presentasi

No comments:

Post a Comment