Monday, December 26, 2011

Flash Pro 8: Animasi Lighting Mask & Teks Blur



ANIMASI LIGHTING MASK
1. Buka Macromedia Flash Professional 8 dengan cara klik Start>Macromedia>Macromedia Flash 8.
2. Selanjutnya muncul tampilan awal dari Macromedi Flash 8, pada bagian Create New pilih Flash Document, selanjutnya pada bagian properties, klik Size, tentukan Dimensions dokumen dan Background Color kemudian klik OK, seperti berikut ini:

3. Selanjutnya klik Text Tool, atur properties teks tersebut seperti berikut ini:


4. Selanjutnya klik pada tulisan FINAL FANTASY, kemudian pilih Modify>Break Apart, maka akan terlihat seperti berikut ini:

5. Kemudian sekali lagi lakukan Modify>Break Apart, maka hasilnya terlihat seperti berikut ini:

6. Selanjutnya klik pada bagian Windows>Color Mixer. Kemudian pada bagian Color Mixer di sebelah kiri atur pewarnaan seperti berikut ini:

7. Selanjutnya klik Paint Bucket Tool, lalu perbesar tampilan hingga 400% dan drag dengan menggunakan Paint Bucket Tool dari posisi bawah vertical ke atas seperti berikut ini:


8. Hasilnya akan terlihat setelah tampilan dikembalikan ke posisi 100% seperti berikut ini:

9. Selanjutnya masih dalam posisi terseleksi, pilih Modify>Convert to Symbol, beri name: finalfantasy dan type: graphic, kemudian klik OK.


10. Selanjutnya masih dalam posisi terseleksi, pilih Modify>Convert to Symbol, beri Name: finalfantasy move dan Type: Movie clip, kemudian klik OK


11. Selanjutnya klik 2x pada tulisan FINAL FANTASY untuk membuka Movie clip finalfantasy move, lalu tambah dua buah layer dengan cara klik 2x Insert Layer

12. Selanjutnya pilih pada Layer 1, kemudian klik kanan pilih Copy Frame, lalu pastekan pada Layer 5 dengan klik kanan pada frare Layer 5 lalu pilih Paste Frame


13. Selanjutnya pilih Layer 4 pada frame pertama, selnjutnya pilih Retangel Tool, lalu atur terlebih dahulu Color Mixer seperti berikut ini:


14. Lalu buatlah sebuah kotak dengan menyesuaikan ukuran text, seperti berikut ini:


15. Selanjutnya kita akan memiringkan bentuk kotak dengan menggunakan Free Transform Tool, lalu drag seperti berikut ini:


16. Selanjutnya masih pada posisi kotak tersebut terseleksi, klik Modify>Convert to Symbol, lalu beri Name: shine dan Type: Graphic kemudian klik OK


17. Selanjutnya geser SHINE pada bagian kiri dari tulisan FINAL FANTASY seperti berikut ini:



18. Selanjutnya pada Layer 1 dan Layer 5, klik kanan pada Frame ke 40 kemudian pilih Insert Frame seperti berikut ini:

19. Selanjutnya pada Layer 4, klik kanan pada Frame ke 40 lalu pilih Insert Keyframe seperti berikut ini:


20. Selanjutnya masih pada Layer 4 di posisi frame 40, geser SHINE ke sebelah kanan seperti berikut ini:


21. Selanjutnya masih pada Layer 4, klik kanan antara frame ke 1 dan ke 40, lul pilih Create Motion Tween


22. Selanjutnya klik kanan pada Layer 5, lalu pilih Mask seperti berikut ini:


23. Terakhir jalankan Animasi dengan cara klik pada Control>Test Movie, hasilnya akan terlihat sebagai berikut:



TEKS BLUR

1. Buka Macromedia Flash Pro 8 dengan meng-klik Start>Macromedia>Macromedia Flash 8.

2. pada tampilan awal klik Flash Document, kemudian tentukan Size dan Background dan Frame rate 30 fps sebagai berikut ini:


3. Selanjutnya gunakan Text Tool lalu buat tulisan FINAL dan FANTASY, dalam hal ini terpisah seperti berikut ini:


4. Selanjutnya masih dalam keadaan terseleksi keduanya, pilih Modify>Timeline>Distribute to layers untuk memisahkan kedua tulisan tersebut menjadi layer tersendiri seperti berikut ini:


5. Selanjutnya pilih pada layer FINAL kemudian geser ke bagian kiri hingga keluar dari latar, dan kemudian pilih pada layer FANTASY kemudian geser ke bagian kanan hingga keluar dari latar, seperti berikut ini:



6. Selanjutnya pilih pada layer FINAL lalu pada posisi frame 1, kemudian pada bagian Properties pindahkan ke Filters, lala Add filter>Blur. Selanjutnya tentukan Blur X dan Blur X seperti berikut ini:


7. Selanjutnya pilih pada layer FANTASY lalu pada posisi frame 1, kemudian pada bagian Properties pindahkan ke Filters, lalu Add filter>Blur. Selanjutnya tentukan Blur X dan Blur Y seperti berikut ini:


8. Selanjutnya pada kedua layer, klik masing-masing Insert Keyframe pada frame ke 40 seperti berikut ini:


9. Selanjutnya pilih layer FINAL, masih pada frame ke 40, kembalikan Blur pada keadaan semula dengan cara klik Filter>Blur lalu ubah Blur X dan Blur Y menjadi 0, begitu juga dengan layer FANTASY. Setelah itu geser kedua layer tersebut kembali ketengah seperti berikut ini:



10. Selanjutnya pada layer FINAL, klik kanan pada posisi antara frame 1 dan frame 40 lalu pilih Create Motion Tween, begitu juga pada layer FANTASY. Kemudian untuk kedua layer tersebut tambahkan Keyframe pada posisi frame ke 60, hasilnya seperti berikut ini:


11. Selanjutnya untuk kedua layer kemabali tambahkan Keyframe pada posisi frame ke 75, lalu geser tulisan FINAL kebawah dan FANTASY ke atas.



12. Selanjutnya masih pada posisi frame ke 75, klik pada FINAL dan FANTASY, lalu ubah kembali Filters>Blur seperti berikut ini:



13. Selanjutnya pada layer FINAL dan FANTASY, klik kanan antara frame ke 60 dan ke 75, lalu pilih Create Motion Tween, hasilnya seperti berikut ini:



14. Terakhir jalankan animasi dengan memilih Control>Test Movie

OLEH:
HERU FEBRIANSYAH
1001082007
Teknik Komputer 2A
2A
Dosen Pembimbing
(ERWADI BAKAR, M.KOM)

No comments:

Post a Comment